work-from-home

Apa itu WFH / Work From Home? Definisi dan Tips Suskses WFH

Posted on

Istilah WFH atau Work From Home sebenarnya telah ada sejak lama. Namun, beberapa dari kita mulai banyak mendengar setelah adanya pandemi corona virus disease. Bagi anda yang belum mengerti apa itu WFH, mari membahasnya bersama. Dan untuk anda yang telah memahami WHF, jangan pergi dulu. Dapatkan juga tips sukses melaksanakan WFH bersama.

 

Definisi WFH atau Work From Home

Sesuai dengan namanya, Work From Home. Bekerja dari rumah. Maka, WFH ini memaknai para pekerja yang bekerja dari rumah.

“Tidak hanya diperuntukkan bagi para pekerja yang bekerja di rumah sejak COVID-19. Tapi juga untuk freelancer“. Ya, sebutan WFH tidak hanya digunakan untuk para pekerja yang terkena imbas COVID-19. Tapi juga untuk para freelancer yang mana juga bekerja dirumah. Bahkan sejak sebelum adanya COVID-19.

Perkembangan teknologi saat ini telah banyak mengubah kebiasaan halayat umum. Seperti halnya WFH ini. Seperti yang kita ketahui, bekerja dari rumah baru tenar sekitar awal tahun 2000-an. Walau memang tidak terlalu tenar seperti saat ini, tapi sekitar awal tahun 2000-an, telah banyak orang-orang yang mencoba untuk mendapatkan rezeki dari internet.

 

Baca Juga : Cara mendapatkan uang dari internet

 

Tips Sukses WFH atau Work From Home

1. Gunakan Internet yang Stabil

Yang paling utama harus anda perhatikan adalah internet yang anda gunakan. Sejak anda bekerja dari rumah, semua pekerjaan anda akan dikerjakan secara online melalui internet. Jaringan yang tidak stabil akan membuat pekerjaan anda tertunda atau bahkan merusak mood kerja anda.

Jadi, gunakanlah internet yang stabil untuk sukses menjalankan kegiatan Work From Home.

2. Selalu Online

Tidak lupa untuk menjaga device atau perangkat anda tetap online setiap waktu. Percuma anda menggunakan internet yang cepat dan stabil jika perangkat anda tidak terkoneksi dengan jaringan.

Hal ini juga berpengaruh pada kinerja anda di perusahaan. Karena, jika di tempat kerja anda dapat dengan mudah mendapat kabar jika ada rapat atau panggilan dari atasan. Tapi jika dirumah? Semua informasi hanya bisa anda dapatkan melalui media online (Whatsapp, Zoom.us, Telegram, dll.).

Bayangkan saja jika anda mengabaikan rapat atau panggilan dari atasan. Apa yang akan terjadi pada penilaian perusahaan terhadap diri anda?.

3. Atur Jadwal

Lalu, untuk sukses bekerja dari rumah, anda harus pandai dalam mengatur jadwal anda. Seperti menjaga anak, bekerja, membersihkan rumah, makan, dll.

Jika anda baru pertama kali melaksanakan WFH, maka hal ini merupakan salah satu hal tersulit untuk anda lakukan. Karena, kebiasaan anda jika anda adalah seorang workaholic, anda akan terbiasa untuk fokus bekerja di kantor dengan penuh semangat dan meluangkan waktu dengan keluarga dengan sepenuh hati saat berkumpul dengan keluarga usai bekerja.

Anda harus tegas pada diri anda sendiri dan keluarga anda. Jika anda terlalu banyak bekerja, maka anda akan mengabaikan keluarga anda. Jika anda terlalu banyak menghabiskan waktu dengan keluarga, maka kinerja anda di perusahaan akan menurun.

4. Tetapkan Prioritas

Walau anda telah mengatur jadwal anda, jangan lupa untuk menetapkan prioritas. Anda harus memilah mana yang harus anda prioritaskan. Jangan sampai anda mengabaikan anak anda yang sakit hanya karena sedang rapat dengan atasan. Kesehatan keluarga anda juga merupakan keharusan bagi anda.

Juga prioritas dalam memilah pekerjaan. Mana yang harus dilaksanakan terlebih dahulu, dan mana yang bisa di pending. Saya yakin beberapa dari anda yang awalnya bekerja di kantor, sudah terbiasa dengan hal ini.

5. Jaga Kesehatan

Anda adalah manusia. Jangan lupakan itu. Saya pun merupakan pekerja keras yang sering lupa waktu. Tapi, harus kita ingat bahwa jika kita sakit, maka kita tidak dapat bekerja.

Bagi seorang freelancer, tidak bekerja maka tidak mendapat uang. Tapi bagi anda yang bekerja pada perusahaan, tidak bekerja berarti kualitas kerja anda semakin memburuk.

6. Jangan Malas dan Menunda Pekerjaan

Dan yang paling akhir, anda tidak boleh malas dan menunda pekerjaan. Suasana rumah terkadang membuat kita teralihkan ke hal lain. Atau bahkan dapat membuat kita bermalas-malasan. Jangan sampai hal ini membuat anda dinilai buruk oleh perusahaan anda.

Tetaplah disiplin walau anda bekerja di rumah dan tidak diawasi oleh atasan anda.

 

Kesimpulan

Keadaan tidak selalu baik. Ada kalanya perusahaan harus mengambil tindakan yang sangat berlawanan dengan suasana harian perusahaan biasanya. Seperti keputusan untuk melaksanakan WFH ini.

Tapi, jangan membuat keputusan ini sebagai mimpi buruk bagi anda. Jadikan ini sebagai media untuk mengembangkan karir anda. Tunjukkan sikap profesionalisme anda kepada perusahaan walau dalam keadaan pandemi seperti ini.

Dan, pastikan Anda melakukan semua tips – tips yang telah disebutkan diatas untuk sukses dalam melakukan WFH atau Work From Home.

2 thoughts on “Apa itu WFH / Work From Home? Definisi dan Tips Suskses WFH

Leave a Reply